Praktikum IPA dengan Materi "Perpindahan Panas" membuat Siswa Khusyu'
Oleh : Ustadzah Istin
Sepekan ini secara bergiliran, seluruh siswa kelas V SDIT Bina Amal tengah khusyu' mengikuti dan mengamati praktikum mata pelajaran IPA di kelas. Para siswa melakukan praktikum percobaan menemukan konsep perpindahan panas (konduksi, konveksi, dan radiasi) dengan berbagai media dan alat. Alat dan bahan untuk praktikum ini meliputi gelas kimia, termometer, pembakar spirtus, air, serbuk kayu, sendok logam.
Para siswa diberikan tugas untuk beberapa percobaan.
*Percobaan 1:*
Mencari konsep perpindahan panas secara radiasi (pancaran panas), yakni membandingkan suhu dgn mendekatkan tangan kita dan mengukur suhunya, di dekat pembakar spirtus baik saat pembakar spirtus belum dinyalakan ataupun sudah dinyalakan.
*Percobaan 2*
Mencari konsep perpindahan panas secara konveksi. Yaitu membandingkan gerakan serbuk kayu yang ada di dalam gelas kimia yang berisi air, baik sebelum dipanaskan ataupun setelah mendidih.
*Percobaan 3*
Mencari konsep perpindahan panas dengan cara konduksi. Yakni dengan membandingkan suhu sendok logam yang belum dimasukkan ke air mendidih dengan sendok yg sudah dimasukkan ke air mendidih. Apakah terjadi perubahan suhu?
Pada praktikum ini siswa dapat menemukan konsep real nyata perpindahan panas (pembelajaran inquiri). Harapannya dengan praktikum, siswa masih ingat materinya karena mengalami dan mengamati sendiri. Materi ini digunakan untuk bekal nanti di jenjang selanjutnya.
Para siswa diberikan tugas untuk beberapa percobaan.
*Percobaan 1:*
Mencari konsep perpindahan panas secara radiasi (pancaran panas), yakni membandingkan suhu dgn mendekatkan tangan kita dan mengukur suhunya, di dekat pembakar spirtus baik saat pembakar spirtus belum dinyalakan ataupun sudah dinyalakan.
*Percobaan 2*
Mencari konsep perpindahan panas secara konveksi. Yaitu membandingkan gerakan serbuk kayu yang ada di dalam gelas kimia yang berisi air, baik sebelum dipanaskan ataupun setelah mendidih.
*Percobaan 3*
Mencari konsep perpindahan panas dengan cara konduksi. Yakni dengan membandingkan suhu sendok logam yang belum dimasukkan ke air mendidih dengan sendok yg sudah dimasukkan ke air mendidih. Apakah terjadi perubahan suhu?
Pada praktikum ini siswa dapat menemukan konsep real nyata perpindahan panas (pembelajaran inquiri). Harapannya dengan praktikum, siswa masih ingat materinya karena mengalami dan mengamati sendiri. Materi ini digunakan untuk bekal nanti di jenjang selanjutnya.
Berbagi
Komentar