4 Menit Melakukan Hal Ini Dapat Membantu Anak Fokus di Kelas
Dibutuhkan hanya empat menit aktivitas fisik untuk membantu anak fokus selama setidaknya 50 menit waktu belajar di kelas, menurut sebuah studi terbaru dari Universitas Queen di Kanada.
Di Ontario, tempat penelitian berlangsung, sekolah dasar wajib memiliki dua puluh menit aktivitas fisik sehari-hari (AFS), sehingga para peneliti mengatakan mereka ingin menentukan cara terbaik untuk menggunakan waktu itu.
"Mengingat waktu padat terkait dengan kurikulum sekolah saat ini kami berpikir bahwa waktu senggang untuk aktivitas fisik singkat mungkin merupakan cara yang menarik untuk mendekati AFS," kata Dr. Brendon Gurd, peneliti utama dan profesor di School of Kinesiology and Health Studies di Universitas Queen PsychCentral. "Kami sangat tertarik pada efek latihan singkat yang mungkin terjadi di ruang kelas."
Para peneliti mengevaluasi kelompok-kelompok kecil siswa kelas kedua dan keempat di kelas mereka, dengan memberi mereka entah itu berupa istirahat 10 menit tanpa aktivitas di sela-selanya atau 4 menit "FUNtervals" dalam istirahat 10 menit mereka yang terdiri dari “protokol interval dengan intensitas tinggi.”
Kegiatan ini meliputi latihan posisi lunge (kaki depan menekuk dan kaki belakang lurus ke lantai), berjongkok, dan melompat sebagai bagian dari "tugas" yang menyenangkan. Kegiatan ini tidak memerlukan peralatan tambahan; semua terjadi di dalam kelas.
Studi ini menemukan bahwa kegelisahan, aksi menggambar, dan ketidaksabaran pada anak-anak menurun secara signifikan setelah aktivitas.
Di Ontario, tempat penelitian berlangsung, sekolah dasar wajib memiliki dua puluh menit aktivitas fisik sehari-hari (AFS), sehingga para peneliti mengatakan mereka ingin menentukan cara terbaik untuk menggunakan waktu itu.
"Mengingat waktu padat terkait dengan kurikulum sekolah saat ini kami berpikir bahwa waktu senggang untuk aktivitas fisik singkat mungkin merupakan cara yang menarik untuk mendekati AFS," kata Dr. Brendon Gurd, peneliti utama dan profesor di School of Kinesiology and Health Studies di Universitas Queen PsychCentral. "Kami sangat tertarik pada efek latihan singkat yang mungkin terjadi di ruang kelas."
Para peneliti mengevaluasi kelompok-kelompok kecil siswa kelas kedua dan keempat di kelas mereka, dengan memberi mereka entah itu berupa istirahat 10 menit tanpa aktivitas di sela-selanya atau 4 menit "FUNtervals" dalam istirahat 10 menit mereka yang terdiri dari “protokol interval dengan intensitas tinggi.”
Kegiatan ini meliputi latihan posisi lunge (kaki depan menekuk dan kaki belakang lurus ke lantai), berjongkok, dan melompat sebagai bagian dari "tugas" yang menyenangkan. Kegiatan ini tidak memerlukan peralatan tambahan; semua terjadi di dalam kelas.
Studi ini menemukan bahwa kegelisahan, aksi menggambar, dan ketidaksabaran pada anak-anak menurun secara signifikan setelah aktivitas.
Sumber : http://parentsindonesia.com/
Berbagi
Komentar